NND’s Story: Belajar Mengenal Hipnoterapi, Yuk!

Kemarin, waktu lagi iseng nge-post sertifikat Sarjana Penthouse di IGstory, tiba-tiba banyak mentemen Instagram yang salfok sama gelar saya. Di belakang nama saya, memang ada tiga ekor baru: CH., CHt., dan Dip Hyp (Paediatrics). Sebenarnya, gelar apa sih itu? Yuk, belajar mengenal hipnoterapi! πŸ˜€


Hipnoterapi

Apa sih hipnoterapi itu?

Secara singkat, hipnoterapi adalah hipnosis + terapi. Hipnosis atau hipnotis adalah keadaan saat seseorang berada di kondisi trance (setengah sadar), yang dipengaruhi oleh kekuatan sugesti. Pada hipnoterapi, kekuatan sugesti inilah yang menimbulkan efek terapeutik (penyembuhan). Contohnya: ada orang yang sembuh dari ketakutannya terhadap gelap atau orang yang mau berhenti merokok, semuanya berbasis pada kekuatan sugesti ini. Dalam prakteknya, hipnoterapi memiliki 2 pendekatan: intervensi masa lalu dan positive psychology yang berorientasi ke masa depan.

Hipnoterapi ini merupakan sebuah ilmu ya, banyak tokoh hipnoterapi internasional yang berkecimpung di bidang ini. Ada teknik dan metode yang digunakan, jadi bisa dibilang sangat berbeda dengan hipnotis-hipnotis yang kerap muncul di televisi. Buat saya sendiri yang berlatar belakang psikologi, hipnoterapi menjadi hal yang mudah untuk dipahami karena sedikit-banyak bersinggungan dengan dunia psikologi.

Di mana belajarnya?

Saya belajar hipnoterapi di The Indonesian Board of Hypnotherapist (IBH). Banyak kelas online menjadi hipnoterapis yang diadakan oleh IBH. Ada yang seminggu full, ada juga yang hanya beberapa hari. Saya ikut dua kelas pada Maret 2021 lalu, kelas Basic Hypnotherapy (gelar CH.) dan kelas Advanced Hypnotherapy (gelar CHt.).

Untuk ketersediaan kelas dan biayanya, bisa langsung dicek di sini ya: IBH.

Apa saja yang dipelajari?

Seperti namanya, di kelas Basic Hypnotherapy lebih mengarah ke dasar-dasar pemahaman hipnoterapi. Belajar visualisasi, belajar proses perubahan level kesadaran manusia dari conscious mind ke subconscious mind, belajar cara masuk dan keluar dari subconscious mind, dan belajar struktur hipnosis lengkap. Dari ketiga hal yang saya sebutkan ini, mempelajari struktur hipnosis lengkap adalah yang terpenting, karena ini menjadi kunci dari suksesnya kegiatan hipnoterapi.

Berbeda dengan Basic Hypnotherapy, di kelas Advanced Hypnotherapy teknik-teknik yang dipakai lebih kompleks lagi. Saya suka teknik age regression, anchor, dan role model. Pada age regression, teknik ini ‘mempertemukan’ kita dengan pengalaman di masa lalu. I’ve tried this technique many times for myself, misalkan dulu waktu SMA pernah ada satu momen yang sudah blurry di ingatan saya tapi saya penasaran ingin tahu kejadian pastinya, saya bisa travel back dengan teknik ini. Aneh tapi nyata, but it’s real. Pernah juga ada beberapa percobaan yang membuat saya merinding atau menangis saking nyatanya hal itu terpampang di pikiran saya.

Di kedua jenjang, baik Basic maupun Advanced Hypnotherapy, diberikan script hipnoterapi yang memudahkan para peserta untuk mempraktekkannya di rumah. Walaupun menurut saya, sebaiknya script hipnoterapi dibuat sendiri agar lebih nyaman ketika praktek.

Untuk mendapatkan lisensi, para peserta (termasuk saya) diwajibkan untuk mengirimkan satu buah video yang berisikan praktek hipnoterapi menggunakan struktur hipnosis lengkap. Berhubung pada saat itu adik saya sedang hamil, akhirnya saya memilih melakukan hypnobirth kepada adik saya dan alhamdulillah berhasil. Member anggota IBH, lisensi, dan sertifikat dikirimkan langsung ke rumah setelah hasil video dinilai oleh pihak IBH.

Apa yang dirasakan setelah belajar ini?

Hal yang paling saya rasakan adalah teknik-teknik yang ada di hipnoterapi dapat membantu diri saya untuk lebih tenang menghadapi berbagai keadaan. Apalagi jujur saja, ekspektasi kehidupan membaik di tahun 2021 ternyata meleset. Pandemi belum usai, terlebih di pertengahan tahun ini sempat terjadi lonjakan yang membuat banyak orang kalut, termasuk saya. Teknik hipnoterapi inilah yang sedikit-banyak membantu saya.

Berawal dari sinilah, saya tertarik untuk belajar lebih banyak mengenai cabang ilmu hipnoterapi lainnya. Salah satunya yang paling menyedot perhatian saya adalah hipnoterapi anak.


Hipnoterapi Anak

Apa sih hipnoterapi anak itu?

Hipnoterapi anak adalah sebuah cabang ilmu hipnoterapi yang khusus menangani isu-isu mengenai kehidupan anak. Contohnya: anak takut hewan tertentu, anak mengompol tiap malam, anak tidak mau makan sayur, anak selalu menangis ketika bersekolah, dan lain sebagainya.

Di negara lain, hipnoterapi anak sudah berkembang dan dikenali oleh orangtua sebagai salah satu cara penanganan isu-isu anak. Namun, di Indonesia memang cara ini belum terlalu banyak dikenal. Padahal, sudah banyak literatur yang membahas mengenai suksesnya hipnoterapi anak. Maka dari itulah, saya tertarik untuk mempelajarinya.

Di mana belajarnya?

Di Indonesia sendiri, lembaga untuk mempelajari hipnoterapi anak belum tersedia. Setelah cukup lama mencari, akhirnya saya memilih untuk belajar di The International Society of Paediatric Hypnoterapy (TISPH) yang berpusat di UK. Namun, untuk proses belajar dan ujiannya bisa dilakukan secara daring. Saya daftar di bulan Mei 2021 dan lulus di bulan Juni 2021 dengan gelar Dip Hyp (Paediatrics).

Untuk ketersediaan kelas dan biayanya, bisa langsung dicek di sini ya: TISPH.

Apa saja yang dipelajari?

Ada 19 modul yang bisa diakses dan dipelajari dalam bentuk video. Durasi dari setiap video modul beragam. Untuk waktu belajarnya, disesuaikan dengan kemampuan, jadi tidak ada batasan waktu tertentu kapan harus mulai dan selesainya. Atau istilah kerennya: self-paced πŸ™‚

Sembilan belas modul ini isinya bervariasi. Mulai dari perkenalan mengenai hipnoterapi anak, badan hukum yang melindungi hipnoterapi anak, hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh hipnoterapis, indikator suksesnya praktek hipnoterapi anak, cara berkomunikasi dengan anak dan orangtua, teori perkembangan anak, teknik-teknik dalam hipnoterapi anak, hingga isu-isu yang sering muncul serta penanganannya.

Setelah mengikuti seluruh modul ini, para peserta baru bisa mengikuti ujian. Saya lupa pastinya ada berapa soal ujian (seingat saya sekitar 30 soal), semuanya soal pilihan ganda. Tidak ada durasi maksimal untuk mengikuti ujian, namun ada standar nilai kelulusan. Jadi, jika salah lebih dari X soal (lagi-lagi saya lupa berapa), maka harus mengikuti remedial (bisa dilakukan langsung di hari yang sama). Awalnya, saya pikir karena soal pilihan ganda pastinya mudah dong… Ternyata, saya salah! Hahahaha. Soal-soalnya susah banget dan sangat tricky. Saya mulai sekitar pukul 12:45 dan selesai hampir 15:30. Iya, saya sempat remedial beberapa kali, hehe. Sempat berhenti dan istirahat dulu juga, karena jujur aja capek banget. Tapi alhamdulillah, kelar juga :’)

Akhirnya, sekarang saya memiliki lisensi dan nama saya terpampang di sini sebagai salah satu hipnoterapis anak yang diakui oleh TISPH. Di Indonesia, baru ada dua hipnoterapis anak lulusan TISPH, saya dan Denia, teman saya yang belajar hipnoterapi anak bersama. Untuk sertifikat, dikirim melalui e-mail dan bisa dicetak sendiri.

Apa yang dirasakan setelah belajar ini?

Saya ingin hipnoterapi anak dikenal lebih luas lagi di Indonesia. InsyaaAllah, saya dan Denia berniat untuk membuat project bersama mengenai hal ini. Doakan ya, agar cepat terwujud cita-cita kami berdua.

Di sisi lain, saya merasa lebih berdaya. Walaupun saya lulusan master psikologi, namun saya bukan psikolog. Mungkin ini memang jalan yang Allah berikan kepada saya sebagai paediatric hypnotherapist untuk membantu lebih banyak anak dan orangtua. Aamiin ya Rabb πŸ™‚


Oke, jadi inilah perjalananku belajar hipnoterapi di tahun 2021 ini. Nggak cuma dapat gelar baru, tapi juga dapat ilmu, insight, dan perspektif baru dalam memandang hidup. Jadi, buat kalian yang lagi baca tulisan ini dan ingin mempelajari hal baru apapun itu as long it’s positive, LAKUKAN. Selama kalian yakin hal tersebut akan bermanfaat, LAKUKAN. Kalau masih ragu coba dipikirkan dulu tapi kalau sudah nggak ragu lagi ya LAKUKAN. Kalau nggak dicoba, nggak akan tahu hasilnya. Your baby steps today means a huge step in the future πŸ˜€

Always Love,

Aninda – The-A-Family

 321 total views,  1 views today

The-A-Family

A family that starts with an A.

 322 total views,  2 views today

Other posts

Leave a Reply