WHA

#TheAReview 15: Penanganan Demam dan Batpil pada Anak

Heyho! Flashback ke beberapa minggu lalu, rasanya itu durasi terlama Ayra demam batpil (batuk pilek). Biasanya, demam batpil yang dialami Ayra nggak terlalu lama dan seringkali hilang dengan sendirinya, tapi kali ini berbeda. Batpil berminggu-minggu, ditambah demam berhari-hari, dan nafas yang grok-grok. Nah alhamdulillah, semakin kesini kondisi Ayra semakin baik, walaupun sejauh ini masih dalam masa penyembuhan (and strictly aku nggak mau ajak Ayra ke mall dulu huhuhu). Jadilah, aku kepingin berbagi nih peralatan apa aja yang aku gunakan (selain obat) untuk perawatan demam dan batpilnya Ayra. Alat tempur ini harus banget setiap hari ada di laci dekat tempat tidur, buat jaga-jaga sebelum perang dengan virus melanda. Yuk, kita mulai!

 

Secara tradisional (wajib dilakukan):

  • Anak dijemur setiap pagi sambil ditepuk bagian punggungnya
  • Taruh irisan bawang merah di penjuru kamar โ†’ bisa untuk menetralisir virus
  • Mandikan anak dengan air hangat dan sebisa mungkin jangan dikeramas
  • Buat makanan berkuah untuk anak dan sajikan selagi hangat โ†’ kalo favoritnya aku dan anak-anak: ayam kaldu jahe dan mun tahu
  • Jika demam anak cukup tinggi, bisa dibantu dengan kompres air hangat โ†’ ini ngaruh banget di Ayra ๐Ÿ™‚

 

Secara non-tradisional (wajib ada di rumah):

  1. Young Living Thieves & RC โ€“ ini bergunaaa banget dilakukan sebelum โ€™sakit beneranโ€™. Jadi biasanya nih kalo roman-romannya Ayra udah mau batpil atau tiba-tiba badannya hangat, pasti langsung aku balurin ini (caranya: 1 sdm EVOO + 1 tetes YL Thieves + 1 tetes YL RC). Dibalurin sambil dipijat halus di daerah dada, punggung, dan telapak kaki (lalu aku pakaikan kaos kaki). Naaah, kalo masih dalam masa pencegahan gini this dynamic duo berguna banget! Sudah beberapa kali Ayra โ€™lolosโ€™ dari sakit karena langsung dipakaikan ini, percaya nggak percaya. Cumaaa.. Jangan tunggu sampai sakit. Kalo di Ayra nih, misalkan dia sudah terlanjur sakit dan aku pakaikan ini, wah nggak begitu ngaruh. Jadi memang fungsinya (kalo pada Ayra) lebih bersifat pencegahan.
  2. Young Living Purification & Lemon โ€“ kalo yang ini wajib banget diteteskan ke air purifier (masing-masing 2 tetes) dan dinyalakan all-day-long (wajib dicek terus kondisi airnya) selama Ayra demam batpil. Gunanya bisa bikin udara jadi lebih bersih dan ada wangi lemonnya yang bisa bikin pernafasan jadi lebih lega. Oh ya, karena di rumahku itu ada air purifier (merk Young Living) dan air humidifier (merk Duux) jadi memang aku pakai dua-duanya. Air purifier untuk menjernihkan udara dan menyemprotkan aroma ke udara, sedangkan air humidifier untuk melembabkan udara apalagi kalo 24/7 berada di dalam ruangan ber-AC. Since almost 12 hours per day, aku pakai AC di kamar jadilah air humidifier lebih terpakai setiap harinya (wajib nyala!). Sedangkan air purifier biasanya aku nyalakan kalo sudah ada tanda anak-anak akan sakit.
  3. Transpulmin โ€“ sejenis balsam untuk dioles ke leher, dada, dan punggung anak sebelum tidur malam kalo mereka sedang sakit. Ayra pakai transpulmin ini sejak bayi umur 3 bulan, waktu pertama kali dia batpil. So far, nggak ada masalah di Ayra (tidak menyebabkan kulitnya kemerahan dan sebagainya), jadi transpulmin ini tetap menjadi andalanku sampai sekarang.
  4. Pure Kids Inhalant โ€“ ini juga barang yang wajib ada! Sama seperti transpulmin, Ayra pertama kali aku pakaikan ini pas usianya 3 bulan. Caranya diteteskan ke tissue atau sapu tangan dan ditaruh di dekat Ayra, jadi aromanya bisa dia hirup. Kalo sekarang sih karena Ayra semakin besar biasanya langsung aku teteskan ke bajunya atau seprei gulingnya, jadi lebih mudah untuk Ayra hirup.
  5. Minyak Kutus-Kutus (MKK) โ€“ heran banget ini minyak ada apanya, tapi beneran super juara dunia! Aku baru banget nyobain ini sebenernya dan sebelum aku pakaikan ke Ayra, aku cobain dulu, hehehe. Karena di IG banyaaak banget yang jual MKK ini dan katanya banyak barang non-ori, jadi ngeri-ngeri sedap pas mau beli. Akhirnya aku beli di @finayudharisman, InsyaaAllah amanah dan barangnya dia ori ๐Ÿ™‚ Nah jadi pengalamanku pakai MKK tuh pas banget waktu itu aku lagi migrain dan aku tuh kalo sudah migrain rempong banget deh, segala obat dan tidur cukup pun suka nggak mempan. Lalu keingetan punya MKK ini, aku cobain oles di dahi, pelipis, belakang telinga, dan pundak. Simsalabim! Langsung hilang migrainnya! Bener-bener langsung hilang nggak ada rasa pusing walaupun cuma sedikit. Canggih euy! Nah, akhirnya Ayra pun aku pakaikan di area yang sama pas demam batpil kemarin. Alhamdulillah, bobonya langsung nyenyak (biasanya suka kebangun tengah malam karena lagi sakit ini). Sejak saat itu sampai sekarang, tiap mau tidur malam pasti kita โ€™pijat kutus-kutusโ€™ dulu. Ayra paham banget deh kegiatan ini. Tiap kali aku bilang, โ€œAy, pijat kutus-kutus yuk!โ€ Langsung deh dia ambil MKK-nya. Super gemes! ๐Ÿ˜€ Daaan entah kenapa akupun kalo habis pijatin Ayra bisa langsung ngantuk juga padahal cuma menghirup aroma MKK aja lho, ajaib memang. Oh ya, mungkin buat sebagian orang aroma MKK agak kurang endeus yaaa, kalo aku sih lebih mikirin manfaatnya aja sih, hehehe ๐Ÿ˜‰

 

Beberapa peralatan lainnya untuk demam batpil (optional):

  • Alat nebulizer (alat uap) โ†’ kalau dahak Ayra sudah terlalu banyak, dokter akhirnya menyarankan untuk diuap saja. Nah, kalo di rumah sakit sekali uap tuh bisa Rp 125.000-150.000, lumayan kaaan.. Makanya akhirnya aku memilih untuk beli aja alat uapnya jadi bisa pakai di rumah (obatnya tetap dengan petunjuk dokter ya). Aku beli yang merk Omron NE-C801, harganya sekitar Rp 440.000.
  • Kool Fever (for baby and kids) โ†’ banyak yang bilang, โ€œMemangnya ngaruh? Nggak ngaruh kali pake itu!โ€ Percaya nggak percaya, buat aku barang ini penting banget kalo anak demam di malam hari. Sudah pernah beberapa kali Ayra kebangun tengah malam karena suhunya naik, mau aku coba kompres pakai air pasti dia akan nangis. Ya gimana nggak nangis, sudah basah masih ngantuk pula. Naaah, Kool Fever to the rescue! Langsung tempel aja, paling awalnya Ayra gerak-gerak dikit karena kaget tapi kemudian tidur lagi. Kool Fever ini juga berguna banget saat kita sedang traveling dan anak demam.
  • Breathe Right (for kids) โ†’ aku baru beli ini sebulan lalu dan sudah pernah dicoba ke Ayra tapi gagal. Cara pakainya ditempel di hidung, untuk mencegah mampet (terlebih saat lagi tidur). Mungkin karena posisinya di hidung jadi terasa banget kalo ada yang nempel dan masih bisa dijangkau sama tangan anak, jadilah dilepas terus sama Ayra. Kalo berdasarkan review-review orang yang aku baca, Breathe Right ini oke kok.

 


So, thatโ€™s it! Boleh banget di-bookmark jadi sewaktu-waktu membutuhkan bisa langsung dicek tulisan ini. Atau kalo ada saudara atau teman yang mungkin membutuhkan, boleh juga dioper ke mereka. Hehehe. Thank you for reading! And please… Stay healthy for you and your loved ones! ๐Ÿ˜€

 

 

 

Always Love,

Anindaย โ€” The-A-Family

1,955 total views, 7 views today

The-A-Family

A family that starts with an A.

1,956 total views, 8 views today

Other posts

  • COMMENTS (2)

    1. Asa 31st October 2018 at 11:24 pm -

      Ini dia tulisan yang ku tunggu hahaha lagi nyari yang ga pake obat. Maaci bunin panutanque โค

      Reply
      • The-A-Family 01st November 2018 at 4:49 pm

        Yeay! ๐Ÿ˜€

        Reply

    Leave a Reply