Processed with VSCO with c1 preset

#TheAReview 13: Baba Baa Rasa Sayang

Aku termasuk salah satu ibu yang senang sekali bernyanyi untuk anak. Sejak newborn, anak-anakku pasti kenyang sekali mendengar suara ibunya bernyanyi, hehehe. Mulai dari lagu anak-anak, lagu top 40, lagu nasional, sampai kadang lagu yang dikarang sendiri, semua ku nyanyikan. Sehari-hari, hidup kamipun sarat dengan lagu atau musik. Apalagi Une, nggak bisa deh seharian nggak dengar lagu/musik, begitu dengar pasti langsung joget. Daya tangkap Une pada lirik lagu pun menurutku cepat banget. Dengar lagu 3x aja, pasti sudah hafal liriknya. Kalau adiknya, Ayra (7 bulan), karena memang masih bayi jadi paling ketawa-tawa dan goyang-goyang kakinya kalau dengar lagu. Kayaknya kalau sudah besar bakal saingan joget nih sama abangnya 😀

 

Our favorite sing-and-record book ever!

Sekitar sebulan yang lalu, aku pesan Baba Baa Rasa Sayang, sebuah buku lagu di mana anak-anak bisa sing along and record on it. Aku sengaja nggak bilang sama Une, supaya dia kaget begitu bukunya sampai di rumah. Benar saja, ketika dia lihat dan buka buku tersebut, komentarnya, “Buku apa nih? Kok ada lagu Indonesianya?” Yep, I know. Selama ini sepertinya aku belum pernah menemukan buku lagu berbahasa Indonesia seperti Baba Baa Rasa Sayang ini. Buku-buku lagu yang Une punya pun berbahasa Inggris semua, jadi wajar banget kalau dia heran. Aku bilang, “Coba yuk Bang, nyanyiin..” Akhirnya, kami coba satu-satu lagunya dan mulai nyanyi bareng.

Di dalam Baba Baa Rasa Sayang ini terdapat 7 lagu tradisional anak-anak yaitu: Rasa Sayange, Anak Kambing Saya, Burung Kakak Tua, Nina Bobo, Lenggang Kangkung, Bengawan Solo, dan Gelang Sipaku Gelang. Une langsung heboh dan nyanyi satu per satu, sampai dia ketemu lagu Lenggang Kangkung dan Bengawan Solo yang jujur belum pernah dia kenal sebelumnya. “Ini lagu apa sih, Bu?” tanya Une kebingungan. Akhirnya, aku coba jelaskan lagu-lagu tersebut. Begitu selesai dijelaskan, mulai deh Une ikut bernyanyi. Pertama-tama pelan-pelan, lalu juga ada salah lirik… tapi sekarang sudah hafal dong! Bahkan lagi mandi aja nyanyinya Bengawan Solo, hahahaha..

Di setiap lagu, ada lirik bahasa Inggrisnya, jadi anak-anak yang belajar dwibahasa juga bisa sing along. Bahkan, anak-anak serumpun yang berada di negara tetangga (Malaysia, Singapore, Brunei) juga bisa menyanyikan lagu-lagu ini. Oh ya, buku ini punya fitur rekam, jadi saat bernyanyi suaranya bisa direkam kayak karaoke gitu. Une paling senang nih dengan fitur ini, apalagi dicobainnya pakai lagu Bengawan Solo, hahaha jadi favorit deh ini lagu!

Baba Baa Rasa Sayang ini selain fun juga penuh dengan nilai edukasi. Sekarang, Une jadi tahu kalau ternyata ada banyak sekali lho lagu tradisional yang ditujukan untuk anak-anak. Selain itu, Une juga jadi paham lirik yang benar dari sebuah lagu. Misalnya nih, selama ini Une nyanyinya “Gelang sipatu gelang…” tapi ternyata lirik tersebut salah, yang benar “Gelang sipaku gelang…” Nah, jadi bisa mengoreksi kesalahan lirik deh! Lalu, setiap lagu dikemas dengan aransemen dan suara penyanyinya yang bagus. Satu lagi, lagu dibuat lembut jadi tidak bising di telinga! #penting

Kalau untuk Ayra, Baba Baa Rasa Sayang ini bermanfaat sekali sebagai teman saat Ayra sedang makan, hehehe. Tinggal nyalakan lagunya, Ayra anteng deh disuapi 😀 Ayra juga senang bermain sambil mendengarkan lagu dengan buku ini. Aku suka dengan cover buku yang empuk dan pinggiran halaman buku yang round shape, sehingga sangat aman untuk bayi. Oh ya, sekarang Ayra sudah bisa memencet lagunya sendiri lho. Super fun bahkan untuk bayi sekalipun!

 

Processed with VSCO with c1 preset

Processed with VSCO with c1 preset

Processed with VSCO with c1 preset

 

 

Baba Baa Rasa Sayang

https://bababaa.co.id/

Instagram: @bababaafamily

 

 

Always Love,

Aninda — The-A-Family

#SponsoredReview

 

1,118 total views, 7 views today

The-A-Family

A family that starts with an A.

1,119 total views, 8 views today

Other posts

Leave a Reply