img_5109.jpg

#TheAReview 09: Baby Nursing Room Jakarta (part 1)

Since everyone in my family is ‘anak mall’, ditambah Ayra yang anak ASI nggak begitu suka disusui di dalam apron (suka nendang-nendang nggak betah) dan hobi banget poop tiba-tiba, akhirnya aku akrab kembali dengan yang namanya nursing room (atau juga bisa disebut changing room atau baby room). Pokoknya, kalau ke mall pasti aku ke nursing room-nya jadi nggak mungkin aku bisa ke mall yang nggak ada nursing room-nya, hehehe. Dulu waktu Une bayi sampai kira-kira usia setahun, aku juga akrab sih dengan nursing room, sampai hafal nursing room mana aja yang pewe. But it’s been like 4 years ago, dan banyak sekali mall yang sudah merenovasi nursing room-nya jadi lebih nyaman. So, aku harus berburu lagi dari awal, dan inilah hasil buruanku! 😀

PS. mohon maaf aku belum sempat foto nursing room-nya. soon, i’ll update the pics yaaa 🙂

  1. Plaza Indonesia  ― Where: Lantai Basement (sebelah Chatime), Lantai 1 (sebelah Chandara), Lantai 3 (area Miniapolis), dan Lantai 5 (sebelah The Goods Dept.) ― #TheAReview: saking seringnya ke PI, jadi hampir nyobain semua nursing room-nya, hahaha.. Menurutku dari keempat nursing room ini, aku paling suka yang di lantai basement. Karena di dalamnya ada sofa menyusui, ada washtavel & changing table untuk ganti diaper, ruangannya bersih, dan private (tidak dipakai bersama-sama dengan orang lain). Nursing room di lantai 1, ruangannya digabung dengan toilet for disable (ini nggak masalah karena tetap bersih dan ruangannya cukup luas), tidak ada sofa dan hanya changing table merk Koala Kare (seperti yang dipakai di GI), dan ruangannya dingin banget ampyuuun.. Ayra sampai nangis pas ganti diaper karena kedinginan, padahal changing table-nya sudah aku alasi. Nursing room di lantai 3, karena berada di area Miniapolis yang memang banyak anak-anak, jadinya ya ruameee banget apalagi kalau weekend. Harus rela antri juga (kalau aku sih lebih baik cari nursing room lain apalagi kalau butuh cepat). Plus-nya di area ini juga ada kamar mandi untuk anak, literally anak bisa mandi, karena dulu waktu Une umur setahunan dia pernah bocor diaper-nya dan akhirnya aku dan suamiku mandiin Une di sini. Nursing room di lantai 5, lokasinya ada di sekitar area resto jadi ya maklum aja kalau harus bergantian karena yang butuh juga banyak. Ruangannya mirip-mirip yang di lantai basement, tapi lebih sempit dan tidak senyaman di sana. Kalau pengalaman aku pribadi, waktu aku lagi menyusui dan ada ibu lain yang mau mengganti diaper, nggak apa-apa aku persilahkan masuk. Ya, walaupun jadinya nggak private lagi tapi nggak masalah sih menurutku daripada kasihan menunggu lama, hehehe.
  2. Grand Indonesia  Where: di setiap toilet ada nursing room-nya & Lantai 3A East Mall (area Carniville) ― #TheAReview: bisa dibilang kalau bawa bayi paling enak dibawa ke GI karena nggak usah repot-repot cari nursing room. Nursing room-nya tersebar di semua toilet jadi ya gampang nyarinya. But IMHO, nursing room-nya terlalu minimalis, cukup gelap, dan kecil banget sih. Waktu itu juga dapat yang ruangannya panas, jadi agak pengap. Tapi tenang, tetap ada kursi (bukan sofa) untuk menyusui, changing table merk Koala Kare, dan washtavel-nya kok. Kalau yang mau luas dan lebih nyaman, ada di lantai 3A itu. Cuma kalau weekend ramai banget, harus antri deh.
  3. Senayan City  Where: Lantai LG (sebelah Hokkaido Baked Cheese Tart) dan Lantai 4 (sebelah Kiddy Cuts) ― #TheAReview: aku lebih sering ke nursing room yang di lantai LG karena satu lantai dengan resto. Nursing room-nya sendiri ada di dalam toilet wanita. Tempatnya nyamaaan, aku suka sih. Tidak terlalu besar tapi ada sofa, changing table, dan washtavel. Ruangannya wangi, bersih, dan pas dinginnya. Tapi karena ada di lantai resto jadi ya memang banyak yang mau pakai ruangan ini dan kalau weekend memang antri.
  4. Plaza Senayan  Where: di dalam toilet wanita restoran Marché ― #TheAReview: aku belum pernah sih ke nursing room PS selain yang di dalam Marché, nanti kapan-kapan kalau sudah pernah aku update ya. Untuk nursing room yang di Marché sendiri, sebenarnya hanya ada changing table aja. Cukup bersih dan oke sih untuk emergency.
  5. Kota Kasablanka  Where: Lantai LG (di pojok belakang dekat KFC) dan Lantai 2 (dekat lift) ― #TheAReview: nursing room di Kokas sifatnya dipakai bersama-sama jadi memang luuaaas banget. Di dalam nursing room ada banyak changing table beserta washtavel-nya. Lalu ada beberapa ruangan menyusui yang ditutup dengan tirai. Ada juga beberapa sofa untuk menunggu. Tapi, aku punya satu pengalaman nih di nursing room ini. Waktu itu (weekday) aku lagi nunggu giliran menyusui dan duduklah di sofa panjang di dalam nursing room. Tiba-tiba aku diajak ngobrol sama seorang perempuan (dia ngakunya menemani temannya yang lagi menyusui) and ended up menawari beberapa produk ke aku. Sebenarnya nggak ada yang salah dengan pekerjaannya, cuma aku agak nggak nyaman aja dengan caranya yang terkesan nongkrongin nursing room untuk cari pembeli. Kesannya jadi kurang sih privasinya di sini karena siapapun bisa masuk even tidak menyusui atau menggantikan diaper (kecuali pria) 🙁 Oh ya, aku ingat pengalamanku waktu Une bayi dulu, kalau weekend di sini memang ramai banget. But anyhow, untuk ruangannya sendiri memang nyaman sih, aku suka.
  6. Lotte Shopping Avenue  Where: hampir di setiap toilet ada kok, aku pernah yang di Lantai 1 (depan Uniqlo) dan Lantai 3 (depan Sushi Tei) ― #TheAReview: sama seperti Kokas, nursing room di sini juga dipakai bersama. Bedanya, ruangan di sini lebih kecil, tapi tetap ada changing table + washtavel, dan 2 ruangan menyusui yang ditutup tirai. Buatku pribadi, ruangan menyusuinya kurang dingin, hehehe. But overall, okay kok!
  7. Pacific Place  Where: Lantai 4 (sebelah Starbucks) ― #TheAReview: sebenarnya ada beberapa lagi nursing room di PP ini, tapi aku baru cobain yang di sini. Akan aku update lagi ya kalau sudah mampir ke nursing room yang lain. Aku suka banget nursing room ini. Modelnya private, dipakai sendiri. Ruangannya super nyaman, ada sofanya, changing table, washtavel, dan beberapa perlengkapan bayi merk Pigeon yang bisa kita pakai hanya dengan bilang ke petugasnya saja.

Jadi, inilah hasil buruanku dalam kurang lebih 1,5 bulan ini, hehe. Semoga membantu kalian yang mau ajak bayinya ke mall. Saranku, you better bookmark this post, mungkin aja suatu saat butuh. Selamat jalan-jalan yaaa 🙂

 

 

Always Love,

Aninda — The-A-Family

3,367 total views, 3 views today

The-A-Family

A family that starts with an A.

3,368 total views, 4 views today

Other posts

Leave a Reply